Postingan Populer

SITUS BATU BERGORES ATAS ANGIN

Situs Batu bergores Atas Angin. Merupakan salah satu tinggalan megalitik yang berada di Kabupaten Tuban. Tepatnya berada di Kelurahan Gedong Ombo Kecamatan Semanding Kabupaten TubanTepat dikiri jalan sebelum makam brawijaya. Batu bergores di sini masih cukup di sakralkan oleh warga sekitar, terbukti masih terdapat beberapa bekas sesajen dan jerami untuk membakar kemenyan. Terdapat pula beberapa pohon beringin yang cukup rindang.

 

Ada dua batu bergores di tempat ini, terdapat pula sebuah sumur tua, yang sudah ditumbuhi belukar berupa awar awar. Meski mulut sumur ini Nampak sudah direnovasi, namun struktur dinding dalam sumur ini merupakan batu bata kuno. Dengan lubang sumur berbentuk segi empat. Air di sumur ini cukup jernih, terdapat timba dan bangunan penutup yang masih layak dan bias di fungsikan.

Batu bergores di percaya memiliki simbul atau makna yang masih misterius. serta Bentuk goresannya yang abstrak. Ada yang percaya konon batu bergores digunakan sebagai penanda akan sebuah kejadian penting, seperti meninggalnya anggota keluarga. Ada pula yang berteori bahwa batu bergores merupakan sebuah batu yang di gunakan untuk mengasah benda tajam, baik berupa senjata untuk perang, maupun senjata tajam lainnya termasuk peralatan berburu dan peralatan pertanian.  Baik senjata dari batu maupun senjata dari logam.

 

Situs batu borgores disini sepertinya tidak mendapat perhatian dari masyarakat. Semoga dengan di publikasikannya tayangan ini akan lebih mendapat perhatian baik dari pemerintah maupun dari unsur yang lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar