Jumat, 29 Juli 2011

KIT IPA

Didunia pendidikan tentunya tidak asing dengan kata "KIT" atau dulu di sebut "SEQIP" namun taukah anda apa KIT itu? 

Menurut Nanik dalam (http://id.wikipedia.org ) menyatakan bahwa  KIT  adalah merupakan nama alat – alat IPA yang digunakan untuk percobaan dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar .
  1. Jenis KIT IPA
a. KIT IPA untuk siswa yaitu KIT yang dibutuhkan oleh kelompok – kelompok siswa untuk percobaan
b.  KIT IPA untuk guru adalah KIT yang dibutuhkan oleh guru untuk peragaan
c.  KIT IPA, daftar nama – nama benda – benda dan bahan – bahan dari lingkungan yang diperlukan untuk percobaan tertentu.
2.      Kegunaan KIT IPA
a.       Untuk menigkatkan mutu pengajaran dan pembelajaran IPA di Sekolah Dasar
b.      Untuk menekankan pada metode – metode pembelajaran interaktif
c.       Untuk mengembagkan program pengembangan sumber daya manusia
d.      Untuk menciptakan tenaga kerja yang bermutu
e.       Untuk memenuhi tujuan pembangunan masyarakat , ekonomi , dan teknik di Indonesia
f.     Untuk membantu guru IPA , mempermudah persiapan pengajaran dan perbaikan mutu proses belajar mengajar di kelas didasarkan pada kurikulum 1994 yang telah disempurnakan tahun 1999
3.      Persaratan KIT IPA
a.       Petunjuk pengamatan terhadap percobaan
b.   Ringkasan hasil pengamatan dari hasil apa yang diamati siswa atau hasil pembahasan siswa sebelumnya
c.       Kesimpulan yang ditemukan siswa
d.      Informasi penting yang diberikan oleh guru tentang topic tertentu
e.       Gambar – gambar yang membantu untuk menjelaskan dan mengerti masalah
f.       Ringkasan topic tertentu
4.      Peranan KIT IPA di Sekolah
a.     KIT membantu Murid untuk melakukan percobaan yang dilaksanakan oleh siswa sendiri dalam kelompok – kelompok kecil
b.      KIT dapat membantu Guru untuk peragaan dan percobaan IPA yang umumnya dilakukan oleh guru dan siswa
c.   Buku panduan IPA untuk percobaan – percobaan yang dirakit sendiri dengan menggunakan barang atau bahan yang ditemukan dilingkungan tempat tinggal siswa 

    Namun dalam prakteknya dan kenyataan tidak semua sekolah memiliki KIT yang layak pakai terutama disekolah tingkat dasar yang letak geografisnya jauh dari perkotaan alias sekolah pinggiran bahkan ada lembaga pendidikan yang tidak memiliki sama sekali . Padahal peranan KIT IPA sangatlah membantu dalam Proses Belajar Mengajar (PBM). Dan jarang pula guru yang mampu dan mau menggunakan peraga KIT dalam mengajar. Bahkan ada pula guru yang tidak kenal dengan istilah KIT. Maka dalam kesempatan ini penulis berharap dengan postingan ini para Oemar Bakri tidak lagi canggung untuk menggunakan KIT baik yang sudah ada maupun meciptakan peraga KIT sendiri. 

jika postingan ini bermanfaat sempatkanlah untuk memberi komentar atau +1 jika anda suka



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar