Langsung ke konten utama

Bekerja Dengan Tombol Shortcut pada Excel 2007

Anda pasti sudah kenal dengan tombol tombol pada keyboard, selain alfabet tentunya ada tombol ctlr, alt, shift, dll. dari tombol tombol tersebut diatas dapat kita padukan untuk mengganti perintah clik pada mouse. misalnya untuk menyimpan kita menekan (Ctrl + s) yang artinya menekan tmbol ctrl dan s secara bersamaan maka sama artinya dengan kita mengklik icon save. perpaduan tersebut lebih dikenal dengan shortcut key atau jalan pintas .  shortcutkey akan sangat membantu mempercepat kerja kita. karena jemari kita tidak perlu lagi berpindah dari keyboard ke mouse dan sabaliknya. jadi jemari tangan kita tinggal standby pada keybord perintah yang akan kita jalankan pada workbook kita sudah berjalan dengan cepat dan singkat. berikut akan saya sajikan beberapa tobol shortcut dan fungsinya (pada excel) ctrl + 0 : menyembunyikan kolom terpilih ctrl + 1 : menampilkan kotak dialog Format cell ctrl + 2 : menebalkan / menormalkan font pada cell ctrl + 3 : membuat miring / menormalkan font pada

Metode Pembelajaran Kooperatif

Metode Pembelajaran Kooperatif
Menurut Slavin  pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok, siswa dalam satu kelas dijadikan kelompok -kelompok kecil yang terdiri dari 4 sampai 5 orang untuk memahami konsep yang difasilitasi oleh guru. Model pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran dengan setting kelompok-kelompok kecil dengan memperhatikan keberagaman anggota kelompok sebagai wadah siswa bekerjasama dan memecahkan suatu masalah melalui interaksi sosial dengan teman sebayanya, memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mempelajari sesuatu dengan baik pada waktu yang bersamaan dan ia menjadi narasumber bagi teman yang lain. Jadi Pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang mengutamakan kerjasama diantara siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif memiliki ciri-ciri: 1) untuk menuntaskan materi belajarnya, siswa belajar  dalam kelompok secara kooperatif, 2) kelompok dibentuk dari siswa-siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah, 3) jika dalam kelas terdapat siswa-siswa yang terdiri dari beberapa ras, suku, budaya jenis kelamin yang berbeda, maka diupayakan agar dalam tiap kelompok terdiri dari ras, suku, budaya, jenis kelamin yang berbeda pula, dan 4) penghargaan lebih diutamakan pada kerja kelompok dari pada perorangan.
Dalam pembelajaran kooperatif, dua atau lebih individu saling tergantung satu sama lain untuk mencapai suatu tujuan bersama. Menurut Ibrahim dkk.  siswa yakin bahwa tujuan mereka akan tercapai jika dan hanya jika siswa lainnya juga mencapai tujuan tersebut. Untuk itu setiap anggota berkelompok bertanggung jawab atas keberhasilan kelompoknya. Siswa yang bekerja dalam situasi pembelajaran kooperatif didorong untuk bekerjasama pada suatu tugas bersama dan mereka harus mengkoordinasikan usahanya untuk menyelesaikan tugasnya.
Model pembelajaran kooperatif dikembangkan untuk mencapai setidak-tidaknya tiga tujuan pembelajaran penting. Menurut Depdiknas tujuan pertama pembelajaran kooperatif, yaitu meningkatkan hasil akademik, dengan meningkatkan kinerja siswa dalam tugas-tugas akademiknya. Siswa yang lebih mampu akan menjadi nara sumber bagi siswa yang kurang mampu, yang memiliki orientasi dan bahasa yang sama. Sedangkan tujuan yang kedua, pembelajaran kooperatif memberi peluang agar siswa dapat menerima teman-temannya yang mempunyai berbagai perbedaan latar belajar. Perbedaan tersebut antara lain perbedaan suku, agama, kemampuan akademik, dan tingkat sosial. Tujuan penting ketiga dari pembelajaran kooperatif ialah  untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa. Keterampilan sosial yang dimaksud antara lain, berbagi tugas, aktif bertanya, menghargai pendapat orang lain, memancing teman untuk bertanya, mau menjelaskan ide atau pendapat, bekerja dalam kelompok dan sebagainya.
Menurut Ibrahim, dkk. pembelajaran kooperatif memiliki dampak yang positif untuk siswa yang hasil belajarnya rendah sehingga mampu memberikan peningkatan hasil belajar yang signifikan. Cooper mengungkapkan keuntungan dari metode pembelajaran kooperatif, antara lain: 1) siswa mempunyai tanggung jawab dan terlibat secara aktif dalam pembelajaran, 2) siswa dapat mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi, 3) meningkatkan ingatan siswa, dan 4) meningkatkan kepuasan siswa terhadap materi pembelajaran.
Menurut Ibrahim, unsur-unsur dasar pembelajaran kooperatif sebagai berikut: 1) siswa dalam kelompok haruslah beranggapan bahwa mereka sehidup sepenanggungan bersama, 2) siswa bertanggung jawab atas segala sesuatu didalam kelompoknya, 3) siswa haruslah melihat bahwa semua anggota didalam kelompoknya memiliki tujuan yang sama, 4) siswa haruslah membagi tugas dan tanggung jawab yang sama di antara anggota kelompoknya, 5) siswa akan dikenakan evaluasi atau diberikan penghargaan yang juga akan dikenakan untuk semua anggota kelompok, 6) siswa berbagi kepemimpinan dan mereka membutuhkan keterampilan untuk belajar bersama selama proses belajarnya, dan 7) siswa akan diminta mempertanggungjawabkan secara  individual materi yang ditangani dalam kelompok kooperatif.

Postingan populer dari blog ini

cara membuka file word dari WA ke laptop

Cara Membuka file word (.dock) / excel (.xls) yang dikirim melalui WhatsApp dan tidak bisa di buka di laptop. Pertanyaannya, Kenapa terjadi demikian?   Ya! itu di sebabkan karena File Word/excels yang dikirim lewat WA tersimpan di memori HP lindungi oleh encripsi end to end oleh WhatsApp (.enc). File .dock / .xls tersebut di buka di HP bisa saat diunduh/dipindah ke laptop tidak bisa dibuka bagaimana solusinya?   Ada beberapa cara.   1. cara Pertama_ menggunakan aplikasi tertentu yang mampu membuka encripsi. Misal aplikasi encription decription di laptop. Seteleh di-decrips barulah file tsb bisa di buka di laptop. 2. cara Kedua_ mengunduh ulang file dari WhatsApp menggunakan WhastApp Web. cara ini sangat efektif karena file yang terunduh langsung teraimpan di unduhan pada laptop tanpa melewati          encripsi Android anda.   Berikutnya bagaimana cara membuka WA Web? Oke, Untuk hal ini melewati beberapa tahapan. - Buka dan sambungkan Laptop dengan int

TUTORIAL EXCEL 2007

Pada postingan terdahulu saya sudah menulis tentang sortcut key yang bisa digunakan di MS Ofice Excel 2007. Sekarang akan saya sajikan mengenai informasi dasar tampilan pada excel 2007 dan kegunaanya pertama-tama: Pengenalan Microsoft Office Excel 2007 Apa itu Micosoft Office Excel 2007? Micosoft Office Excel 2007 adalah bagian dari Microsoft Office 2007. Versi 2007 berubah sangat drastis dari versi sebelumnya dalam hal tampilan dan fungsi. Menu-menu tradisional, toolbar dan task pane telah digantikan dengan sistem navigasi baru dengan fitur-fitur yang didesain untuk mempermudah membuat tugas dalam aplikasi. Memulai Excel 2007 Klik tombol Start, pilih All Program, pilih Microsoft Office dan klik Microsoft Office Excel 2007. Yang pertama anda lihat pada layar adalah Blank Worksheet yang berisi garis petak dari cell. Di sini tempat anda nantinya mengentrikan data, menulis formula, dan melihat hasilnya. Worksheet dan Workbook Excel 2007 Worksheet adalah petak-petak

SISTEMETIKA PENYUSUNAN RKS/M

1.       PENGERTIAN  RKS/RKM       Proses untuk menentukan tindakan masa depan sekolah/madrasah yang tepat, melalui urutan pilihan dengan memperhitungkan sumber daya yang tersedia.         Dokumen tentang gambaran kegiatan sekolah / madrasah di masa depan untuk mencapai perubahan/ tujuan sekolah/madrasah yang telah ditetapkan. 2.       DASAR HUKUM UU No mor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 51 ayat 1. Yang Isinya : Pengelolaan satuan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan  p endidikan menengah dilaksanakan berdasarkan standar pelayanan minimal dengan prinsip manajemen berbasis sekolah/madrasah. PP No mor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Pasal 53 ayat 1. Yang isinya : S etiap satuan pendidikan dikelola atas dasar rencana kerja tahunan yang merupakan penjabaran rinci dari rencana kerja jangka menengah satuan pendidikan yang meliputi masa 4 (empat) tahun PP No mor 48 Tahun 200 8 tentang Pendanaan